Download Rpp K13 Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran Ke 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi | Indikator |
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan Sekolah 1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan sikap patuh pada tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar | |
3.2 Memahami hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah | 3.2.34 Menggali gosip wacana hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan hukum menjaga kesehatan badan di rumah |
4.2 Melakukan acara sesuai hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
Muatan : Matematika
Kompetensi | Indikator |
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek | 3.1.5 Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang sempurna (1 hingga dengan 10) *(diberikan sesudah mengenal lambang bilangan) |
4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan | 4.1.5 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 hingga dengan 10) |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.4 Mengenal kosa kata wacana anggota badan dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu) | 3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota badan dengan tepat |
4.4 Menjelaskan dengan kosa kata yang sempurna wacana anggota badan dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia verbal dan tulisan. | 4.4.1 Menggunakan kosa kata wacana anggota badan dengan sempurna dalam bahasa verbal atau tulisan |
C. TUJUAN
- Dengan memperhatikan gambar dan melihat pola dari guru, siswa sanggup menawarkan dan mendemonstrasikan posisi yang sempurna ketika duduk dan membaca.
- Dengan memperhatikan gambar dan melihat pola dari guru, siswa sanggup menawarkan dan mendemonstrasikan jarak yang sempurna antar mata dan objek ketika membaca.
- Dengan menyanyi, siswa sanggup membilang 1 hingga dengan 10 dengan pemberian jari tangan.
- Dengan berlatih, siswa sanggup mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menawarkan lambang bilangannya.
- Dengan mengamati gambar dan mendengarkan klarifikasi guru, siswa sanggup menggali gosip wacana waktu yang sempurna untuk tidur di malam hari dan bangkit di pagi hari.
D. MATERI
· Posisi dan Jarak yang Tepat Saat Duduk dan Membaca.
· Mengenal Bilangan 1—10.
· Berlatih Menunjukkan Lambang bilangan.
· Menentukan Waktu yang sempurna untuk tidur di malam hari dan bangkit di pagi hari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Sumber https://matakt.blogspot.com/