Download Rpp Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Pembelajaran Ke 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.4 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara verbal dan tulis yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah. | 3.9.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara verbal dan tulis yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah. |
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang sempurna untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk verbal dan tulisan | 4.9.2 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang sempurna untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk verbal dan tulisan |
Muatan : PJOK
Kompetensi | Indikator |
3.1 Memahami mekanisme gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. | 3.1.1 Menjelaskan mekanisme gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, perjuangan dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
4.1 Mempraktikkan mekanisme gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional | 4.1.1 Mempraktikkan mekanisme gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, perjuangan dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
C. TUJUAN
· Setelah melaksanakan gerakan pada permainan sederhana, siswa sanggup berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
· Dengan permainan sederhana, siswa sanggup berhubungan dengan teman.
· Dengan bermain “cerita teman”, siswa sanggup mengikuti hukum sebuah permainan.
· Setelah bermain “cerita teman”, siswa sanggup mengingat nama lengkap dan panggilan sahabat dikala memperkenalkan satu sahabat kepada sahabat yang lain.
D. MATERI
· Berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
· Permainan ”cerita teman” sanggup melatih kerjasama dengan sahabat dan sanggup mengingat nama lengkap dan panggilan sahabat dikala memperkenalkan satu sahabat kepada sahabat yang lain.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Sumber https://matakt.blogspot.com/