Download Rpp Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Pembelajaran Ke 3
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
Kompetensi | Indikator |
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek | 3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1 hingga dengan 10 dengan pemberian benda konkret |
4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan | 4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 hingga dengan 10) |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.2 Mengenal lambang suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah | 3.3.1 Menunjukkan abjad vokal dalam suatu kata yang terkait dengan saya dan sahabat baru |
4.3 Melafalkan suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah | 4.3.1 Melafalkan abjad vokal suatu kata yang terkait dengan saya dan sahabat baru |
Muatan : PPKn
Kompetensi | Indikator |
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan sikap patuh pada tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar | |
3.2 Memahami hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah | 3.2.5 Menggali gosip hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan hukum di rumah |
4.2 Melakukan acara sesuai hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah | 4.2.5 Mempraktikkan acara memberi salam ketika masuk rumah |
C. TUJUAN
1. Dengan mendengarkan referensi dari guru, siswa sanggup menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
2. Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa sanggup memasangkan kartu nama sahabat sesuai orangnya dengan tepat.
3. Dengan permainan kartu huruf, siswa sanggup mencari dan menyebutkan abjad vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
4. Setelah mendengar klarifikasi dari guru, siswa sanggup membilang secara urut bilangan 1 hingga dengan 10 dengan pemberian benda konkret.
5. Dengan melaksanakan permainan siswa sanggup mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 hingga dengan 10.
D. MATERI
1. Menyanyikan lagu “a-b-c”.
2. Memasangkan kartu nama.
3. Mencari dan menyebutkan abjad vokal ( a, i, u, e, o).
4. Mengurutkan bilangan 1- 10.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan CeramahSumber https://matakt.blogspot.com/