Download Rpp K13 Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran Ke 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
- Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.4 Mengenal kosa kata perihal anggota badan dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu) | 3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota badan dengan tepat |
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang sempurna perihal anggota badan dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulisan. | 4.4.1 Menggunakan kosa kata perihal anggota badan dengan sempurna dalam bahasa ekspresi atau tulisan. |
Muatan : PJOK
Kompetensi | Indikator |
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bab badan yang boleh dan dihentikan disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. | 3.8.1 Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh |
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bab badan yang boleh dan dihentikan disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. | 4.8.1 Menceritakan guna bagian-bagian tubuh. |
C. TUJUAN
- Dengan bermain “Guru Berkata”, siswa sanggup menunjukkan anggota tubuhnya.
- Dengan berkumpul bersama teman, siswa sanggup menceritakan guna bagian-bagain tubuh.
- Dengan berlatih, siswa sanggup mengidentifikasi bagian-bagian badan dan kegunaannya.
- Dengan menirukan ucapan guru, siswa sanggup memakai kosa kata perihal panca indera.
- Dengan berlatih, siswa sanggup menjodohkan gambar panca indera dan bacaannya..
D. MATERI
- Mengenal Nama-Nama Anggota Tubuh Sambil Bermain.
- Mengenal Panca Indera.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan CeramahSumber https://matakt.blogspot.com/