Download Rpp K13 Dengan Pendekatan Scientific Kelas 1 Tema 1 Pembelajaran Ke 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sobat dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan :PJOK
Kompetensi | Indikator |
4.1 Mempraktikkan mekanisme gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional | 4.1.1 Mempraktikkan mekanisme gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, perjuangan dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
Muatan : SBdP
Kompetensi | Indikator |
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu | 4.2.1 Memeragakan warna bunyi manusia |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah | 3.3.2 Menunjukkan abjad konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan saya dan sobat baru |
C. TUJUAN
1. Dengan mendengar instruksi dari guru, siswa sanggup mempraktikkan gerakan berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
2. Dengan memperhatikan teladan dari guru, siswa sanggup mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3. Dengan permainan jalan berpasangan, siswa sanggup mengenali abjad pertama nama sendiri dan nama-nama sobat sekelas.
4. Dengan instruksi dari guru, siswa sanggup mengidentifikasi bunyi teman.
D. MATERI
- Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
- Bergerak Bersama Teman
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Sumber https://matakt.blogspot.com/