Download Rpp K13 Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
- Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Matematika
Kompetensi | Indikator |
4.2 Menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan wangsit nilai tempat | 4.2.1 Menulis lambang bilangan 1 hingga dengan 10 secara lengkap |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.3 Mengenal lambang suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah | 3.3.3 Menyusun abjad vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan saya dan sahabat baru |
4.3 Melafalkan suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah. | 4.3.3 Menggunakan abjad vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam kalimat yang terkait dengan dengan saya dan |
Muatan : PPKn
Kompetensi | Indikator |
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan sikap patuh pada tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar | |
4.2 Melakukan acara sesuai hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah | 4.2.6 Mempraktikkan acara berdoa sebelum melaksanakan acara di rumah |
C. TUJUAN
- Dengan bermain kartu abjad dan berlatih, siswa sanggup menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
- Setelah bermain kartu abjad dan berlatih, siswa sanggup mengenali abjad pertama dari sebuah nama, baik itu abjad vokal maupun konsonan.
- Dengan bercerita, siswa sanggup memakai abjad vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
- Dengan bercerita, siswa sanggup membilang banyaknya abjad penyusun nama sendiri maupun nama teman.
- Dengan berguru dan berlatih, siswa sanggup membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
- Dengan berdoa sebelum melaksanakan acara di sekolah, siswa sanggup mempraktikkannya di rumah.
D. MATERI
· Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan sambil Bermain Bersama Teman
· Belajar dan Berlatih Membilang Benda dan Lambang Bilangan
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Sumber https://matakt.blogspot.com/