Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Rpp K13 Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran Ke 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) 


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku Merawat Tubuhku (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2  Menerima hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2  Menerima hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah


3.2  Memahami hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.29  Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kebersihan badan di rumah
4.2  Melakukan acara sesuai hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.29  Memeragakan hukum di rumah ihwal cara menjaga kebersihan badan ibarat mandi pagi dan sore serta bersikat gigi


Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.3  Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda-benda

3.3.1  Membandingkan banyak dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak. (1 hingga dengan 10)

4.3  Mengurutkan bilangan-bilangan hingga dua angka dari bilangan terkecil
ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan memakai kumpulan benda-benda konkret
4.3.1  Mengurutkan bilangan menurut banyak objek  (1 hingga dengan 10)


Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.4  Mengenal kosakata ihwal anggota badan dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)

3.4.3  Menunjukkan isu ihwal cara merawat anggota badan melalui media gambar, tulisan, slogan, atau lirik lagu
4.4  Menjelaskan dengan kosakata yang sempurna ihwal anggota badan dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis.
4.4.3  Mempraktikkan isu yang didapat melalui media gambar, tulisan, slogan, atau lirik lagu ihwal cara merawat anggota tubuh


C.    TUJUAN
  1. Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, siswa sanggup membandingkannya dengan memakai istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
  2. Setelah membilang kumpulan suatu benda, siswa sanggup mengurutkan bilangan menurut banyaknya objek dengan benar.
  3. Setelah mendengarkan syair sebuah lagu, siswa sanggup menawarkan isu mengenai cara merawat badan dengan tepat.
  4. Setelah mengamati gambar cara menyikat gigi, siswa sanggup mempraktikkan cara menyikat gigi dengan tepat.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa sanggup menawarkan hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan badan di rumah dengan tepat.
  6. Setelah  menyimak klarifikasi guru ihwal hukum merawat tubuh, siswa sanggup memeragakan kebiasaan mandi pagi dan sore serta bersikat gigi di rumah sesuai dengan hukum yang telah diketahui.

D.    MATERI
  • Membandingkan istilah “Lebih Banyak”, “ Lebih Sedikit”, atau “ Sama Banyak”.
  • Mengurutkan bilangan.
  • Cara merawat badan dan menyikat gigi.

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


Sumber https://matakt.blogspot.com/