Menghitung Nilai Rata-Rata (Average) Memakai Microsoft Excel
- Menghitung Nilai Rata-Rata Menggunakan Microsoft Excel. Salah satu aplikasi yang cukup familiar untuk mengolah data ialah aplikasi dari Microsoft ini, Microsoft Excel. Aplikasi ini banyak dipakai baik di kalangan anak sekolah hingga untuk kebutuhan kantor.
Banyak manfaat yang kita sanggup manfaatkan dari aplikasi ini, salah satu nya ialah untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data. Dengan cara konvensional alias cara biasa tanpa memakai aplikasi microsoft excel ini, untuk sanggup menghitung nilai rata-rata kita harus menjumlahkan semua nilai yang ada di data tersebut kemudian kemudian dibagi jumlah data nya.
Dengan cara konvensional (tanpa memakai microsoft excel), untuk menghitung nilai rata-rata ialah ibarat pola kasus di bawah ini :
Budi telah mengikuti 4 ujian di sekolahnya yakni ujian Bahasa Indonesia, ujian Bahasa Inggris, ujian Matematika dan ujian Fisika. Di ujian Bahasa Indonesia Budi menerima nilai 70, di ujian Bahasa Inggris Budi menerima nilai 80, di ujian Matematika Budi menerima nilai 75 dan di ujian Fisika Budi menerima nilai 85. Berapakah nilai rata-rata Budi ?
Dengan cara konvensional cara mencari nilai rata-rata Budi ialah begini :
Nilai rata-rata = (nilai ujian bahasa indonesia + nilai rata-rata bahasa inggris + nilai rata-rata matematika + nilai rata-rata fisika) : 4
Nilai rata-rata = (70+80+75+85) : 4
Nilai rata-rata = 310 : 4
Nilai rata-rata = 77,5
Angka 4 di atas didapat dari jumlah ujian atau jumlah nilai yang di sanggup oleh si Budi. Dengan cara konvensional ibarat di atas, bergotong-royong mudah-mudah saja dan tidak ada kesulitan yang berarti. Namun tentunya dengan cara ibarat ini pastinya anda akan mengalami kerepotan apabila ada banyak data yang ingin dicari nilai rata-ratanya. Kalau masih satu atau dua sih masih oke-oke aja pakai cara ibarat ini.
Nah dengan memakai microsoft excel ini kita sanggup dengan gampang menghitung nilai rata-rata dari banyak data sekaligus. Begini caranya :
Menghitung Nilai Rata-Rata Menggunakan Microsoft Excel
Caranya pun begitu mudah, anda cukup memakai formula alias rumus berikut :
=average(data awal:data akhir)
Rumus atau formula di atas dipakai untuk mencari nilai rata-rata dari suatu data. Kebanyakan rumus pada microsoft excel memakai bahasa inggris. Karna yang ingin kita cari ialah nilai rata-rata, maka gunakan rumus "Average" tersebut yang merupakan bahasa inggris dari kata "rata-rata".
Kalau anda galau bagaimana cara memakai rumus di atas,coba perhatikan pola yang aku buat di bawah ini :
Pada kolom "Nilai Akhir" saya memakai rumus average untuk memilih nilai final dari masing-masing siswa. Nilai final didapat dari nilai rata-rata semua ulangan yang diikuti oleh siswa. Perhatikan rumus yang aku tandai dengan garis merah :
Kalau anda galau bagaimana cara memakai rumus di atas,coba perhatikan pola yang aku buat di bawah ini :
Pada kolom "Nilai Akhir" saya memakai rumus average untuk memilih nilai final dari masing-masing siswa. Nilai final didapat dari nilai rata-rata semua ulangan yang diikuti oleh siswa. Perhatikan rumus yang aku tandai dengan garis merah :
=AVERAGE(C3:F3)
C3 merupakan data awal dan F3 merupakan data akhir. Ini artinya rumus akan menghitung semua nilai dari kolom C3 hingga kolom F3.
Dan pada gambar di atas juga ada "Nilai Rata-Rata Siswa" , kolom ini untuk menawarkan nilai rata-rata semua siswa pada ulangan tertentu. Cara penggunaan rumusnya pun sama tinggal bedakan data awal dan data akhir nya saja.
Oh iya supaya lebih simple , anda tidak harus memasukkan satu per satu rumus nya pada setiap siswa yang ingin dicari nilai rata-ratanya tersebut, letakkan kursor pada kolom yang sudah dicari nilai rata-ratanya kemudian tarik kotak kecil yang ada di pojok kanan bawah kolom tersebut. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :
Oke aku rasa cukup terang ya klarifikasi kali ini ihwal cara menghitung nilai rata-rata memakai microsoft excel. Kalau ada yang masih kurang jelas, sanggup ditanyakan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat
Sumber https://bilkonet.blogspot.com/