Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pindah Direktori Di Terminal Linux

Cara Pindah Folder di Terminal Linux - Berpindah antar direktori / folder melalui konsol terminal merupakan salah satu kemampuan navigasi yang harus kau kuasai ketika mengoperasikan komputer dengan operating system berbasis GNU/Linux.

 folder melalui konsol terminal merupakan salah satu kemampuan navigasi yang harus kau ku Cara Pindah Direktori di Terminal Linux

Meskipun distro linux kau sudah dilengkapi dengan tampilan GUI yang menarik, tapi tetap saja seorang linux user umumnya lebih nyaman mengoperasikan komputer melalui antar muka teks (CLI) melalui konsol terminal.

Hal ini alasannya ialah mengoperasikan komputer dengan antar muka teks dirasa lebih cepat dibandingkan dengan mouse, contohnya saja kau ingin memindahkan file dari satu direktori ke direktori yang lain, menciptakan sub-direktori di dalam direktori, menghapus direktori, mengcopy file dan lain-lain.

Baca juga : Cara Membuat Direktori Baru di Linux Melalui Terminal

Kaprikornus kemampuan navigasi untuk berpindah direktori / folder merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus kau kuasai, namun sebelumnya kau harus mengerti dan memahami struktur direktori yang ada pada GNU/Linux dengan baik.

Cara Berpindah Folder di Terminal Linux

Untuk berpindah direktori / folder melalui terminal linux, kau bisa memakai perintah cd, cd merupakan abreviasi dari change directory, perintah ini tidak mempunyai parameter atau argumen apapun yang bisa ditambahkan sesudah perintah cd, jadi format penulisan perintahnya hanya menyerupai ini.

cd /Directory
cd /Directory/sub-directory
cd ..

Ketika pertama kali membuka konsol terminal pada linux, secara default kita akan berada di dalam direktori /home, untuk mengetahui kita sedang berada di dalam direktori mana dikala ini, kau bisa mengetikkan perintah pwd (print working directory).

kucingganteng@backbox: $ pwd
/home/kucingganteng
kucingganteng@backbox: $

Untuk menampilkan direktori yang ada, kau bisa mengetikkan perintah ls, contohnya menyerupai ini.

kucingganteng@backbox: $ ls
Documents  Downloads  Pictures  Plugins  Software  Templates
kucingganteng@backbox: $

Oh ya, artikel yang membahas mengenai perintah ls pada GNU/Linux sudah aku bahas melalui postingan sebelumnya, kau bisa membacanya dengan mengklik tautan di bawah.


Kembali ke topik pembahasan, contohnya aku akan berpindah ke direktori Downloads, maka perintah yang harus aku ketikkan yaitu menyerupai ini.

kucingganteng@backbox: $ cd Downloads/
kucingganteng@backbox: /Downloads$

Atau contohnya aku ingin pergi ke direktori /usr/share, maka perintahnya ialah menyerupai ini.

kucingganteng@backbox: $ cd /usr/share/
kucingganteng@backbox:/usr/share$

Jika ingin berpindah ke direktori satu tingkat di atasnya, ketik perintah "cd ..", contohnya dikala ini aku sedang berada di dalam direktori /usr/share, bila aku ingin pindah ke direktori /usr, maka aku cukup mengetikkan perintah cd .. saja.

kucingganteng@backbox:/usr/share$ cd ..
kucingganteng@backbox:/usr$ pwd
/usr
kucingganteng@backbox:/usr$

Untuk kembali ke direktori /home, kau bisa mengetikkan perintah cd $HOME atau cd , pola :

kucingganteng@backbox:/usr$ cd $SHOME
kucingganteng@backbox: $ pwd
/home/kucingganteng
kucingganteng@backbox: $

kucingganteng@backbox:/usr$ cd
kucingganteng@backbox: $ pwd
/home/kucingganteng
kucingganteng@backbox: $

Itulah tutorial cara berpindah direktori pada GNU/Linux melalui konsol terminal, supaya tutorial singkat ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.


Sumber https://kucingganteng2.blogspot.com/